Selasa, 11 Juni 2013

Nightingale Touching “Sentuhan Perawat Menuju Hidup Bersih dan Sehat”


Tanggal 4, 5, dan 6 Januari 2013 merupakan hari penyemangat bagi para Nightingalers. Kenapa tidak? Hari dimana sebagian besar mahasiswa Universitas Andalas sedang berlibur di kampung halamannya, sedangkan para Nightingalers sedang menunjukkan jati diri melalui sebuah kegiatan alam terbuka ditengah masyarakat yang jauh dari keramaian kota. Yup, hari itu seluruh Anggota aktif MAPALA Fakultas Keperawatan Universitas Andalas “SWARA Nightingale” sedang berada di daerah Sei. Pisang Kel. Teluk Kabung Selatan untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang menjadi agenda besar di SN, yaitu NIGHTINGALE TOUCHING. Kehidupan 3 hari dengan mendirikan Tenda Barack ditepi Pantai Sei Pisang menciptakan semangat hebat tersendiri bagi para Anggota SN dalam menjalankan tugas bakti sosial ini.
Acara ini berisi serangkaian kegiatan seperti Pemeriksaan Fisik Gratis, Pemberian Obat-Obatan, Penyuluhan Kesehatan Ibu dan Anak, Penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Penyuluhan Pembuatan Jamban Sehat, Demo Cuci Tangan dan Sikat Gigi Benar kepada Anak SD, Senam Ibu Hamil serta kegiatan yang diamanahkan Dinas Kesehatan Kota Padang kepada para Nightingalers untuk melakukan Pengkajian Komunitas di daerah yang terdiri dari 9 RT di 2 RW ini.
Adapun hasil dari pengkajian komunitas ini, nantinya akan diolah lagi hingga mendapatkan hasil yang tepat terhadap penanganan masalah kesehatan yang ada pada masyarakat daerah Sei.Pisang, untuk kemudian diharapkan dapat menjadi proyek besar bagi Fakultas Keperawatan UNAND bersama Dinas Kesehatan Kota Padang.
Bakti Sosial ini kemudian ditutup dengan kegiatan Beach Cleaning di pinggiran Pulai Sikuai, sambil memanjakan mata dengan keindahan Pulau Sikuai, para Nightingalers kembali menyempatkan waktu untuk melakukan kegiatan yang lebih memberi arti, yaitu membersihkan tepian pantai yang sedikit kotor karena sampah non-organik yang berserakan. Hingga detik-detik kepergian kami meninggalkan daerah Sei.Pisang, Sekretaris Lurah daerah tersebut kembali mengucapkan terima kasih atas kehadiran beberapa Mahasiswa Fakultas Keperawatan yang telah bersedia hadir, memasuki daerah dengan akses transportasi sulit dari kota memberikan pengetahuan kesehatan yang berguna bagi masyarakat.
Kegiatan yang hanya berlangsung selama 3 hari ini benar-benar dimaksimalkan agar dapat menuai manfaat besar bagi masyarakat Sei.Pisang sendiri dan juga bagi para penyelenggara kegiatan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi semangat baru bagi kita, keluarga besar Fakultas Keperawatan UNAND dalam memberikan perawatan holistic kepada seluruh individu maupun kelompok masyarakat dimanapun berada.
LESTARI…! J

Tidak ada komentar: