Selasa, 11 Juni 2013

SWARA NIGHTINGALE DIKLAT RUANGAN – PEMBENTUK KADER-KADER PENERUS SEMANGAT NIGHTINGALE

Swara Nightingale




Rangkaian OR (Open Recruitment) anggota baru SWARA Nightingale telah sampai pada tahap DIKLAT Ruangan tepatnya dilaksanakan pada Jumat – Minggu, 22-24 Februari 2013 bertempat di Aula Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Rangkaian OR yang di mulai dengan tahap pengambilan formulir dan wawancara ini dilanjutkan dengan tahap Tes Fisik yang dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Februari 2013 lalu hingga menghasilkan calon-calon anggota SN sebanyak 3 orang laki-laki dan 20 orang perempuan baik itu dari angkatan 2011 dan 2012 F.Kep UNAND.
Pembukaan diklat ruangan ini dihadiri oleh para tamu dari anggota MAPALA se-UNAND maupun MAPALA se-Kota Padang dan acara di buka langsung oleh Pembina SWARA Nightingale, Bpk Ns. Randy Refnandes, S.Kep. Kegiatan para Caang (Calon Anggota) SN ini di bekali beberapa materi dasar yang tentunya sangat berguna dalam pelaksanaan menjadi anggota SN kedepannya maupun dalam kehidupan sehari-hari. Untuk membentuk nilai-nilai loyalitas para caang, maka pada materi Sejarah Berdirinya SWARA Nightingale, langsung kami minta Pendiri SN, Ns.Alfitri, M.Kep, Sp.MB (NRA. 001-SN) untuk dapat menceritakan asal mula, perjuangan awal hingga keberhasilan didirikannya SWARA Nightingale sebagai organisasi pertama di Fakultas Keperawatan UNAND (yang pada saat itu masih PSIK).
Hingga hari ke-tiga, para Caang menampung berbagai ilmu pengetahuan baru yang mereka dapatkan, diantaranya pelatihan dasar PBB (Peraturan Baris-Berbaris), Konservasi Lingkungan Hidup, Manajemen Perjalanan, Botani Zoologi, Navigasi Darat, Caving (Penelusuran Goa), Mountainering, dan SAR/ESAR. Sebagai penunjang terbentuknya cikal bakal MAPALA yang berlandaskan Ilmu Kesehatan, maka para Caang lebih dulu diberikan materi-materi mengenai BHD (Bantuan Hidup Dasar)/RKP (Resusitasi Kardio Pulmonal)/RJP (Resusitasi Jantung Paru), Sport Injuries, Perdarahan Fraktur dan Balutan, Keracunan dan Gigitan Hewan Berbisa hingga tak lupa juga materi tentang Teknik Evakuasi dan beberapa materi penting lainnya.
Disela-sela pergantian materi, untuk mencegah kebosanan maka para Pelatih menyempatkan untuk memberikan yel-yel dan lagu-lagu penyemangat bagi para Caang. Tak mau kalah, para Caang juga membuat beberapa yel-yel yang mereka lantangkan dengan suara keras penuh semangat membuat suasana Diklat dipenuhi dengan keceriaan.
Diklat Ruangan ini akan dilanjutkan dengan Diklat Lapangan yang insyaallah akan dilaksanakan pada 15,16,17 Maret 2013 sebagai pengaplikasian ilmu-ilmu yang telah didapatkan di ruangan. Semoga 23 orang Caang tangguh ini dapat meneruskan perjuangannya menjalani pendidikan-pendidikan yang telah didesain sedemikian rupa oleh para Nightingalers demi membentuk Anggota SN yang siaga, cerdas, cermat, cekatan, loyal, dan bermartabat. Hingga dengan semangat kuat sekeras suara yang mereka lantunkan saat meneriakkan yel-yel dapat menjadikan mereka sebagai orang-orang yang siap terjun ke lapangan memberikan bantuan demi menolong sesama baik di lingkungan Fakultas Keperawatan UNAND khususnya maupun di lingkungan masyarakat luas umumnya.
Mari teriakkan :
“SWARA…! >> Nightingale!
Nightingale…! >> Hidup SN..!
Lestari…!!!” J

Tidak ada komentar: