Kamis, 19 Januari 2012

Pengayaan Materi RJP Terbaru

Swara Nightingale

Resusitasi Jantung Paru (atau disingkat RJP) merupakan pertolongan pertama yang diberikan kepada seseorang yang mengalami henti nafas, dengan tujuan agar orang tersebut dapat pulih kembali dan terhindar dari kematian.
Sebelumnya dalam pedoman pertolongan pertama, kita mengenal ABC: Airway, Breathing, Ciculation (Chest Compression) yaitu buka jalan nafas, bantuan pernafasan, dan kompresi dada. Pada saat ini, prioritas utama adalah Circulation baru setelah itu tatalaksana difokuskan pada Airway dan selanjutnya Breathing. Satu-satunya pengecualian adalah hanya untuk bayi baru lahir (neonatus), karena penyebab tersering  pada bayi baru lahir yang tidak sadarkan diri dan tidak bernafas adalah karena masalah jalan nafas (asfiksia). Sedangkan untuk yang lainnya, termasuk RJP pada bayi, anak, ataupun orang dewasa biasanya adalah masalah Circulation kecuali bila kita menyaksikan sendiri korban tidak sadarkan diri karena masalah selain Circulation harus menerima kompresi dada sebelum kita berpikir memberikan bantuan jalan nafas.

Setelah serangkaian pendidikan kepada seluruh Anggota SWARA Nightingale. Koordinator Pengabmas yang dipegang oleh Rahmi Muthia mengangkat suatu pendidikan kepada anggota berupa Pengayaan Materi RJP Terbaru yang dilaksanakan pada tanggal 22 September 2011




admin: 089

Tidak ada komentar: