Minggu, 02 Desember 2012

Cara Packing Yang Baik

Swara Nightingale


Disamping kita mengetahui manajemen perjalanan, dibutuhkan pula pengetahuan mengenai teknik menata barang dalam satu tempat. Teknik pengepakan semacam ini bisa disebut packing. Pengetahuan ini diperlukan agar kenyamanan perjalanan semakin terjamin, apalagi perjalanan jauh yang memerlukan waktu lebih dari satu hari. Langkah awal setelah semua barang dikumpulkan, adalah memisahkan barang-barang tersebut sesuai jenis yang tidak perlu dapat ditinggalkan dirumah, dan tidak menambah beban berat ransel. Kedua pastikan jika semua perlengkapan sudah dipacking, anda masih tetap dapat mengambil apapun didalam dengan sedikit susah. Masukkan barang-barang yang mudah pecah kedalam tempat khusus yang melindunginya dari benturan. Kalau ransel yang kita bawa tidak tahan air, maka masukkan semua jenis barang kedalam kantong plastik, seperti : pakaian, jaket, sleeping bed dan lain sebagainya. Kemudian sendirikan barang-barang tersebut sesuai dengan berat dan tingkat keperluan.

Dalam memasukkan barang-barang tersebut ke ransel, mulai dari yang paling ringan sampai yang paling berat agar beban yang kita bawa dapat terbagi dengan seimbang, jadi tidak tertumpu pada satu tempat saja. Barang yang sewaktu-waktu diperlukan harus ada ditempat yang mudah dijangkau, Sehinnga bila diperlukan secepatnya tidak usah membongkar semua barang, barang tersebut antara lain : senter, tempat air, jas hujan, obat-obatan. Mantel dan pakaian yang diperlukan ketika cuaca berubah buruk sebaiknya diletakkan dan dilipat dibagian atas ransel ( usahakan jangan sampai ada tempat yang kosong/ruang yang kosong didalam tas ). Pada bagian bawah biasanya diletakkan perlengkapan yang jarang diperlukan ketika berjalan, misalnya : sleeping bad. Kalau perlu tekan sekuat-kuatnya agar semua bisa masuk dan tampak lebih padat. Manfaatkan ruang yang kosong seefesien mungkin, karena barang yang kita bawa tentunya tidak sedikit.

Selain itu kenyaman, teknik pengepakan ini bisa juga merupakan seni tersendiri. Bagaimana membuat packing itu sendiri tampak indah dipandang dengan tempat yang sedikit, salah satu seni pengepakan adalah dengan memasukan ransel pada sisi vertikal maksud dari cara ini agar bentuk ransel semakin jelas dan halus.

Tidak ada komentar: