Kamis, 19 April 2012

Makna Hari Bumi

Earth Day
"Message of Our Earth On Earth’s Day"



Tahukah teman-teman semua bahwa Bumi kita ini juga mempunyai hari peringatan khusus? Dan kapankah itu? 

Earth Day atau Hari Bumi yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 April, merupakan hari jadi lahirnya sebuah gerakan kepedulian terhadap lingkungan, terhadap kelangsungan hidup di muka bumi ini. Ini menjadi sebuah "alarm" bagi seluruh manusia tentang seberapa besarkah kesadaran, kepedulian, dan apresiasi manusia terhadap planet Bumi yang ditempati oleh berbagai makhluk hidup. 22 April 2012 mendatang merupakan Hari Bumi yang Ke 42 sejak peringatan Hari Bumi pertama pada tahun 1970.


Hari Bumi yang diperingati secara Internasional di seluruh negara dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat dari  Wisconsin, Gaylord Nelson. Tanggal tersebut bertepatan dengan musim semi di belahan Bumi utara dan musim gugur di belahan Bumi selatan. Saat itu ia melakukan protes secara nasional terhadap kalangan politik terkait permasalahan lingkungan. Ia mendesak agar isu-isu tersebut dimasukkan dalam agenda nasional. Perjuangan Gaylord Nelson dimulai sekitar lebih dari 7 tahun sebelum Hari Bumi pertama. Sejak saat itu, tanggal 22 April setiap tahunnya diperingatilah Hari Bumi atau Earth Day. Sedangkan PBB memilih tanggal 20 Maret sebagai peringatan Hari Bumi. Hal tersebut mengacu pada ide “hari bagi orang-orang Bumi” pada tahun 1969 yang dicetuskan oleh seorang aktivis perdamaian, John McConnell. Hari yang lebih dikenal dengan “The Equinox Earth Day” ini bertepatan dengan posisi matahari yang tepat berada di atas garis khatulistiwa, dan diproklamirkan oleh Joseph Alioto, Walikota San Francisco, Amerika Serikat, pada tanggal 21 Maret 1970. Namun PBB juga tetap mengakui bahwa tanggal 22 April sebagai Hari Bumi yang dilaksanakan secara global. PBB secara resmi merayakannya sebagai International Mother Earth Day”.


Dari tahun ke tahun, partisipasi setiap negara untuk merayakan hari bumi semakin meningkat. Namun, bagaimanakah partisipasi kita sendiri? Hari Bumi berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup, karena semakin lama bumi kita ini semakin tua. Efek yang terjadi karena ulah manusia sudah sangat terasa. 

Pemanasan global meningkat, lahan hutan menyempit, perkembangan teknologi,dan lain sebagainya, menyebabkan semakin rusaknya lingkungan yang kita tempati ini. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk Bumi kita ini, asalkan kita mau meluangkan waktu. Mengurangi penggunaan plastik, membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, hemat air dan hemat energi, merupakan hal sederhana yang dapat kita lakukan. Program Earth Hour, yaitu mematikan lampu selama 1 jam (20.30-21.30), dapat menjadi aksi sederhana kita dalam mencintai Bumi.



Oleh karena itu, selain merayakan Hari Bumi, lakukan segala hal untuk menyelamatkan Bumi ini dari kehancuran. Seperti peringatan Global Warming, Go Green, dan gerakan peduli lingkungan lainnya.
Untuk mencintai Bumi tidaklah hanya pada tanggal 22 April atau pada saat Hari Bumi saja. Namun, setiap hari pun kita harus selalu peduli dengan lingkungan, mulai dari di sekitar rumah, kantor atau tempat bekerja, juga di tempat umum. Karena hanya dengan kepedulian manusia lah, kondisi Bumi dapat terjaga dengan baik.

"Lakukanlah walau cuma sedikit, karena itu berarti banyak bagi Bumi kita"

Salam Lestari !
by: 088