Selasa, 11 Juni 2013

PENINGKATAN KUALITAS TIM SWARA NIGHTINGALE DENGAN PELATIHAN SAR OLEH TIM SAT BRIMOBDA SUMBAR

Swara Nightingale




Tepat di hari Sabtu, 9 Februari 2013 menjadi langkah baru menuju kemahiran dan kemampuan bagi para Nightingalers. Sebanyak 17 orang anggota SWARA Nightingale bersama-sama menuju Markas Komando SAT BRIMOBDA SUMBAR untuk mendapatkan pelatihan SAR langsung dari para ahli yang tak asing dan diragukan lagi dalam hal ikhwal penyelamatan korban dilapangan.
Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini berisi pelatihan-pelatihan yang tidak bisa didapatkan disembarang tempat, diantaranya yaitu Mountaineering – Turun Tebing yang dilakukan pada tower / papan tebing setinggi 27 meter. Dalam scenario pelatihan turun tebing ini, relawan semisal sedang menyelamatkan korban bencana yang lokasi terdapatnya korban jauh dibawah tebing. Materi lainnya yaitu Navigasi Darat, Penyeberangan Basah, SAR/ESAR – Alur Komando Bergeraknya Relawan, Komunikasi Lapangan, Ilmu Mendirikan Tenda, dan PBB (Peraturan Baris-Berbaris).
Selanjutnya, para nightingalers juga diajarkan sekaligus praktek langsung mengenai pemakaianHandy Talkie (HT). Begitu juga dengan pemakaian alat Navigasi Darat canggih yang berhubungan langsung dengan satelit yang bernama “Global Positioning System (GPS)”. Alat yang dapat mempermudah kita dalam melakukan berbagai hal dilapangan ini juga sangat mahal, sehingga masih sangat jarang pihak yang memiliki hingga mampu menggunaan GPS ini.
Namun pada pelatihan yang kami laksanakan, semua teori yang telah disampaikan dapat langsung dipraktekkan karena memang semua alat yang dibutuhkan, didapatkan langsung di MAKO BRIMOBDA SUMBAR ini. Begitu juga dengan kegiatan lain yang mengharuskan kita untuk turun kelapangan dalam hal bencana sangat membutuhkan beberapa peralatan yang (besar harapan kami) disediakan oleh Fakultas. Selain itu kami juga diajarkan tentang alur pengorganisasian tim tanggap bencana di lapangan. Karena memang, untuk turun menjadi relawan dilapangan, dibutuhkan alur komando yang jelas dan perlengkapan yang sebaiknya dibawa. Tidak bisa asal sekedar ingin turun ke lokasi bencana tanpa tau alur koordinasi yang jelas, apalagi tanpa membawa peralatan apa-apa menuju daerah titik bencana tersebut.
Bukan sekedar ilmu mengenai kemampuan lapangan yang diajarkan kepada kami. Tim Brimob yang terdiri dari 4 orang polisi brimob dan 2 orang polwan ini benar-benar mengajarkan kami arti dari Kedisiplinan, Kekompakan, Loyalitas, dan Hierarki yang tentunya menjadi dasar penting dalam segala kegiatan dan keberlangsungan organisasi.
Semoga dengan adanya pelatihan ini menjadi hal yang berguna baik bagi para Nightingalers, Fakultas, hingga masyarakat sekitar. Untuk kedepannya, diharapkan agar Pelatihan SAR ini dapat terus diadakan secara berkala terutama bagi seluruh anggota SWARA Nighitngale Fakultas Keperawatanan UNAND yang pada dasarnya memang disiapkan fisik dan mentalnya dalam pilar Cinta Alam, Pengabdian Masyarakat dan SAR/ESAR ini.
Bagi para nightingalers, semoga semangat kita tidak tertinggal di Markas BRIMOB saja, tetapi tetaplah teruskan semangat ini, sekuat dan sekeras suara yang kita lantangkan saat menyanyikan lagu-lagu penyemangat ditengah teriknya matahari yang panas menyengat :
“Kampus UNAND ke Padang Sarai...
Ikut pelatihaaan SAR...
Malam haaari kedinginan...
SN Tetap Bertahan....!
SN...SN...SN...YES! Huu...Haa! “ J
LESTARI...!!!

Tidak ada komentar: