Selasa, 11 Juni 2013

Tim SWARA Nightingale Fakultas Keperawatan Unand lolos Seleksi Tahap I dalam Youth Competition For Disaster Education


Setelah melewati proses yang panjang, akhirnya tim SWARA Nightingale (SN) Fakultas Keperawatan Universitas Andalas masuk kedalam 20 besar tim lolos dalam seleksi tahap I pada kegiatan Youth Competition for Disaster Education trip to Kizuna Japan dari 139 tim yang mendaftar se Indonesia. Youth competition for disasaster education adalah sebuah kompetisi yang akan menyeleksi para mahasiswa yang pernah berperan aktif dalam kebencanaan yang nantinya akan diberikan penagalaman dan pendidikan bencana di Kizuna, Jepang. Oleh Karena itu, peluang yang telah terbuka bagi Swara Nightingale ini akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya jika terpilih sebagai perwakilan Indonesia untuk ikut belajar kebencanaan di Jepang.
Perjuangan dimulai dari pertengahan Oktober 2012 setelah mendapatkan informasi kegiatan, SWARA Nigtingale langsung membentuk tim untuk mengikuti kegiatan. Dengan waktu yang semakin mendesak semua berkas harus dikirim paling lambat 31 Oktober 2012, SWARA Nightingale dengan semangat, keyakinan dan dukungan dari berbagai pihak semua persyaratan berhasil dirampungkan tim dan dikirim pada panitia penyelenggara tanggal 30 Oktober 2012.
Dua minggu kemudian, 16 November 2012 adalah hari yang sangat dinantikan bagi SWARA Nightingale dimana diumumkannya tim yang lolos seleksi tahap I. Alhamdulillah dari 139 tim yang mengikuti seleksi tahap I se Indonesia, SWARA Nightingale masuk kedalam 20 besar tim yang berhak lolos seleksi tahap II. Dengan lolosnya tim ke tahap II, perjuangan akan semakin berat karena akan diseleksi dari 20 tim yang ikut seleksi pada tahap II akan diseleksi lagi menjadi 6 tim yang nantinya akan mengikuti pendidikan bencana selama 12 hari di KIZUNA, Jepang.
Persiapan tim telah dimulai dari tanggal 18 November 2012, dimulai dari teknis, pencarian dana, dan persiapan konsep kegiatan baru berupa model penaggulangan bencana di bidang psikososial yang merupakan kosep ang akan dibawa oleh SN . Selama proses persiapan tim sudah berupaya semaksimal mungkin dengan melakukan uji presentasi kegiatan di depan anggota SWARA Nightingale, didepan Anggota Luar Biasa SN, Pembina SN, dan terakhir di depan pakar Keperawatan Gawat Darurat dan Disaster fakultas keperawatan Unand, Emil Huriani S.Kp.MN; pakar psikososial bencana dan kejiwaan, Ns. Ira Erwina, M.Kep. Sp.Kep.Jiwa dan Ns. Atih Rahayu Ningsih, M. Kep.Sp.Kep.Jiwa. Selain itu hampir setiap hari diskusi dan konsultasi dilakukan termasuk konsultasi konsep ke NGO Nusa Relief yang bergerak di bidang Psikososial.
Rabu, 5 Desember 2012 akan menjadi hari yang menegangkan bagi tim, karena hari inilah akan dilakukan seleksi tahap II berupa presentasi didepan juri dan semua peserta kompetisi. Tim diwakili oleh Hilda rahmatika, Restu Budi Susilo, Reisky Miranda, Syaiful dan Manager tim Deky Ardiyasri serta didampingi oleh Pembina SN Ns. Randy Refnandes, S.Kep akan berangkat ke tempat kegiatan di Japan Foundation Jakarta 4-6 Desember 2012.
Semua usaha sudah dilakukan secara maksimal, untuk itu kami keluarga besar SWARA Nightigle Fakultas Keperawatan Universitas Andalas memohon do’a dan dukungan dari civitas akademika Fakultas keperawatan Universitas Andalas. Mudah-mudahan do’a dan dukungan dari semua pihak akan membawa kesuksesan dan nama baik SWARA Nightingale pada khususnya dan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas pada umumnya.
Terimakasih kepada Fakultas Keperawatan yag telah memberikan dukungan moril dan materil sehingga tim terfasilitasi dengan baik, Seluruh civitas akademika, BEM KM Fkep, UKMF Fakultas Keperawatan, terutama SWARA nightingale dan NGO Nusa Relief yang telah membatu secara penuh dalam semua persiapan tim, semoga dukungan ini dapat kami balas dengan sebuah kemenangan. Amin…

Tidak ada komentar: